Pantai Siung Gunung Kidul

Posted by on Mar 9, 2013 in Wisata Jogja | 1 comment

Pantai Siung Gunung Kidul

Pantai Siung terletak di wilayah dalam di kabupaten Gunung Kidul. Sedikit lebih jauh dari beberapa pantai indah lainnya seperti Pantai Indrayanti, jika ditempuh kurang lebih memakan waktu 30 menit dari pantai Indrayanti atau kurang lebih 2 jam jika ditempuh dari kota Jogja. Apa kelebihan pantai Siung ini? Jawabnya adalah batu karangnya. Batu karang besar yang indah banyak dijumpai di pantai Siung ini yang berada di sisi barat dan sisi timur pantai. tak cuma menjadi penambah keindahan dan pembatas dengan pantai lain. Karang itu juga yang menjadi dasar penamaan pantai, saksi kejayaan wilayah pantai di masa lampau dan pesona yang membuat pantai ini semakin dikenal, setidaknya di wilayah Asia.

Menurut pak Wastoyo yang merupakan salah satu sesepuh di wilayah pantai Siung, bahwa pantai ini merupakan sejarah kejayaan wilayah Siung pada masa lampau. Pada masa wali menjadi salah satu pusat perdagangan di wilayan Gunung Kidul dengan terdapatnya sebuah pasar bernama Pasar Winangun yang juga menjadi tempat berdiam Nyai Kami dan Nyai Podi istri dari abdi dalem Kraton Jogja dan Solo.

Sejak tahun 1989 hingga sekarang pantai Siung dikenal sebagai pantai yang memiliki tebing yang layak untuk menjadi sarana panjat tebing tak heran jika pada tahun 90an pernah diakan lomba Asian Climbing Gathering.

Di tepi pantai ombak tidak terlalu besar, maka tidak heran jika para wisatawan sangat menikmati keindahan pantai ini dengan bereng di tepi pantai yang di kepung dengan tebaran pasir putih yang eksotis.

Kini, sebanyak 250 jalur pemanjatan terdapat di Pantai Siung, memfasilitasi penggemar olah raga panjat tebing. Jalur itu kemungkinan masih bisa ditambah, melihat adanya aturan untuk dapat meneruskan jalur yang ada dengan seijin pembuat jalur sebelumnya. Banyak pihak telah memanfaatkan jalur pemanjatan di pantai ini.

Fasilitas di pantai yang mendukung kegiatan panjat tebing adalah ground camp yang berada di sebelah timur pantai. Di ground camp ini, tenda-tenda bisa didirikan dan acara api unggun bisa digelar untuk melewatkan malam. Syarat menggunakannya hanya satu, tidak merusak lingkungan dan mengganggu habitat penyu, seperti tertulis dalam sebuah papan peringatan yang terdapat di ground camp yang juga bisa digunakan bagi yang sekedar ingin bermalam.

Ingin ke pantai Siung? Saat anda berada di Jogja, team Hotel Satya Nugraha Jogja akan selalu siap untuk mengatarkan anda ke tempat-tempat wisata terbaik di kota Jogja

1 Comment

  1. My brother recommended I may like this website. He was totally right. This submit truly made my day. You cann’t imagine simply how a lot time I had spent for this information! Thank you!

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>