Julukan untuk kota Jogja

Posted by on Apr 9, 2013 in Jogja, Wisata Jogja | 0 comments

Julukan untuk kota Jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta terdiri dari 4 kabupaten dan 1 Kotamadya, yaitu Sleman, Bantul, Kulonprogo, Gunungkidul dan kotamadya Yogyakarta. Julukan yang sering dikenakan bagi kabupaten dan kotamadya tersebut bermacam-macam. Kotamadya Yogyakarta kalau urusan kuliner mesti disebut kota Gudeg karena makanan tradisionalnya yang paling terkenal adalah Gudeg; kalau berhubungan dengan pendidikan disebut kota Pelajar, dihubungkan lagi dengan para seniman dan budayawannya disebut kota Seni dan Budaya; ada juga yang menyebutnya kota Istimewa karena Yogyakarta memang merupakan daerah istimewa yang setingkat dengan provinsi peleburan bekas negara kasultanan Yogyakarta dan negara Kadipaten Pakualaman, disebut juga kota Pariwisata karena menjadi jujugan para wisatawan lokal atau mancanegara, nomor dua setelah Bali; disebut juga kota republik karena pernah menjadi ibukota negara Indonesia, disebut juga kota Buku karena banyak toko-toko atau kios penjual buku diseputaran kota Yogyakarta.

Kabupaten Sleman saat mbah Maridjan masih sugeng (hidup) sampai sekarang sudah tiada (almarhum) diingat masyarakat sebagai kota Mbah Maridjan karena mbah Maridjan bertempat tinggal di Sleman, tepatnya di wilayah Cangkringan. Selain tentang mbah Maridjan kabupaten Sleman sangat terkenal dengan buah Salak Pondoh yang terkenal manis, salak pondoh Sleman ini sangat terkenal lokal maupun mancanegara. Dijamin saat anda berkunjunng ke Sleman pasti tidak akan lepas dari Salak pondoh ini.

Kabupaten Bantul yang terletak di sisi selatan kota Yogyakarta sangat terkenal dengan makanan tradisional Geplak, bisa dibilang menjadi sentral makanan tradisional Geplak. Geplak terbuat  dari parutan kelapa dan gula pasir/gula jawa yang menghasilkan rasa manis dan enak. Selain geplak yang menjadikan kabupaten Bantul dijuluki kota Geplak, juga mendapat julukan sebagai kota seniman dan kota pasar tradisional. Kenapa? Banyak seniman-seniman bertaraf nasional dan internasional hadir dari kabupaten Bantul ini, contoh seperti kampung Nitiprayan banyak terdapat seniman lukis, teater, bahkan seniman tradisional seperti ketoprak, sinden, dll (akan kita bahas lebih lanjut di artikel-artikel selanjutnya…)

Kabupaten Kulon Progo terdapat perbukitan/pegunungan Menoreh yaitu kawasan pegunungan/perbukitan yang membentang di wilayah barat laut Kabupaten Kulon Progo, sebelah timur Kabupaten Purworejo, dan sebagian Kabupaten Magelang, sekaligus menjadi batas alamiah bagi ketiga kabupaten tersebut, sehingga kabupaten Kulon Progo disebut kota Menoreh atau juga dinamakan West Prog (Kulon artinya Barat, Progo adalah sungai Progo) yang artinya barat sungai Progo.

Kabupaten Gunungkidul adalah kota yang mempunyai banyak sungai – sungai bawah tanah sehingga dinamakan Kota seribu sungai bawah tanah. Juga disebut sebagai kota Pantai dan Goa karena banyak wisata goa dan pantai yang indah dan menawan hati.

 

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>