5 Kuliner Jogja yang “Ngangenin”

Posted by on Jun 7, 2013 in Kuliner Jogja | 0 comments

5 Kuliner Jogja yang “Ngangenin”

Wisata kuliner Jogja memang paling pas dan “ngangeni”, dari sarapan – makan siang – wedangan di sore hari hingga makan malam pasti ada saja yang bisa di nikmati. Benar? Jogja memang terkenal dengan julukan kota manis atau kota Gudeg, namun perlu kita ketahui bersama bahwa kota Jogja memiliki makanan khas yang beragam. Memang saat anda ke Jogja pastinya jangan lupa wajib mencicipi gudeg yang berada di sentral kerajinan kulier gudeg: Wijilan.

Di beberapa lokasi di wilayah kota Jogja memiliki beberapa makanan tradional atau kuliner khas yang patut Anda cicipi:

1. Sego Pecel (Nasi pecel). Sego dalam bahasa Jawa berarti Nasi, pecel pastinya sudah banyak tahu merupakan makanan yang berisi sayur-sayuran dengan siraman bumbu kacang yang segar. Sego pecel merupakan makan berat yang selalu membuat kangen untuk penikmat kuliner di Jogja. Salah satu tempat terkenal di Jogja khusus menu Sego Pecel ini adalah SGPC Bu Wiryo yang terletak di komplek UGM, Yogyakarta. SGPC Bu Wiryo ini terkenal sejak 1959, tak heran jika tempat ini selalu menjadi tempat makan yang ngageni bagi wisatawan maupun para alumni UGM.
Bumbu kacang yang pas dan enak menjadi kunci utama dalam sajian kuliner Sego Pecel ini. Sego pecel juga cocok jika dinikmati bersama lauk-pauk sperti tempe/tahu bacem, telur goreng maupun ayam goreng.

2. Kopi Jos. Untuk masyarkat wilayan Jogja pasti sudah tidak asing dengan Kopi Jos ini. Khusus bagi wisatawan Jogja sangat disarankan untuk mampir ke Kopi Jos ini yang merupakan angkringan di utara stasiun Tugu – Jogja. Suasa akrab, santai dan kesederhanaan khas wong Jogja sangat kental di atara para pengunjung angkringan Kopi Jos. Kopi Jos ini terkenal dari sebuah angkringan, yaitu Angkringan Lek Man. Tempat ini sudah ada sejak tahun 1950-an. Kopi Jos merupakan kopi yang hitam pekat dan yang membuat istimewa adalah arang yang membara di masukkan kedalam gelas kopi tersebut “Josss”. Selain kopi angkringan Lek Man ini juga menyediakan makanan dan minuman khas angkringan seperti sego kucing ikan teri, sambal, aneka gorengan, wedang jahe, susu, dll.

3. Gudeg. Sudah banyak yang tahu tentang gudeg ini. Sangat cocok untuk sarapan, makan siang hingga makan malam Anda saat berada di kota Jogja. Gudeg yang terkenal pasti di wilayan sentra kerajinan kuliner Gudeg: Wijilan. Berderet sepangjang Wijilan yang menawarkan makanan khas Jogja ini, dari ujung utara hingga ke selatan. Jika langganan kami adalah gudeg Bu Widodo atau gudeg Yu Djum, tapi tidak ada salahnya jika Anda mencoba penyedia gudeg lain di daerah Wijilan.

4. Satu Klathak. Merupakan kuliner sate khas daerah sepanjang jalan Imogiri, Bantul. Sate yang memiliki ciri khas memasak dengan tusukan daging kambing di jeruji sepeda sebagai tusuk sate. Daging kambing muda merupakan ciri khas sate Klatak ini dan dibumbui dengan garam dan sedikit merica, tanpa kecap dan bumbu lainnya. Sate Klathak pak Bari salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati kuliner jogja: sate Klathak ini tepatnya berada di Pojok Kidul Pasar Jejeran, Wonokromo, Bantul.

5. Kipo. Merupakan jajan pasar khas Kotagede, bentuknya kecil dibungkus daun pisang, isinya berwarna ijo dan berisi gula jawa kemudian di panggang. Harumnya daun pandan dan kenyalnya kue kipo ini sangat nikmat untuk pecinta kuliner ringan Jogja. Kios Bu Djito, Jalan Mondorakan 27, Kotagede secara khusus berjualan kipo sejak tahun 1946.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>